Minggu, 30 September 2012

Foto-foto Cek Kesehatan di Kelurahan Pondok Karya

Berikut foto-foto yang bisa diambil oleh tim redaksi...

langsung aja ke lokasi.....

https://plus.google.com/u/0/photos/107630779014756167591/albums/5793896540485853217

Gafatar Baksos Bersih Lingkungan dan Cek Kesehatan di Kelurahan Pondok Karya


Minggu 30 September 2012. Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) kembali melakukan aksi bakti sosial. Aksi dilaksanakan daerah pondok aren atau lebih terpatnya di J. SD Impres Rt 001 Rw 07 kelurahan Pondok Karya kecamatatan Pondok Aren Tangerang. Kegiatan tersebut merupakan serangkaian kegiatan aksi sosial yang dilakukan Gafatar. Kegiatan tersebut meliputi bersih lingkungan dan cek kesehatan gratis bagi warga. aksi ini sebagai komitmen Gafatar yang mendukung semua kegiatan yang bersentuhan langsung kepada masyarakat.

Sekitar 40 orang terlibat dalam aksi bersih lingkungan ini. Mereka terdiri dari anggota dan pengurus dewan pimpinan kota (DPK 05) Tangerang Kota Gafatar Banten. Dengan mengenakan atribut serba orenye mereka hadir dari pagi sekitar jam 07.00 sudah berkumpul di lokasi. Mereka hadir dari berbagai daerah sekitar Tangerang, ada yang dari cikupa, kota bumi, cileduk, bintaro bahkan ada beberapa yang datang dari bogor. mereka rela datang untuk mensukseskan acara tersebut.

Kegiatan di awali dengan apel bersama warga untuk mendengarkan beberapa arahan dari panitia dan koordinator lapangan. Mengawali sambutannya ketua panitia bung Edi Sutarmo menyampaikan bahwa Gafatar hadir sebagai pelopor masyarakat guna menghidupkan kembali semangat gotong-royong yang pada dewasa ini sudah mulai ditinggalkan. Beliau menambahkan bahwa melalui aksi ini diharapkan dapat menyampaikan pesan kepada masyarakat bahwa kita memiliki budaya yang harus kita jaga.

Pada kesempatan tersebut juga pak Sadih selaku ketua rt juga menyampaikan rasa bangganya terhadap pemuda-pemuda Gafatar yang yang sudah mau membantu membersihkan lingkungannya. beliau juga menyampaikan rasa terimakasihnya terhadap perhatian yang diberikan Gafatar untuk warganya. Harapannya kepada Gafatar agar kegiatan ini dapat dilaksanakan secara kontinyu.

Kegiatan bersih lingkungan dimulai dengan mengangkat sampah-sampah di selokan. Serta membersihkan sampah yang ada dijalan. Tidak hanya aksi bersih lingkungan saja tetapi juga didukung dengan aksi cek kesehatan gratis untuk warga. Dari timbang badan, pemeriksaan tensi darah dan pengecekan kadar gula dan asam urat. Untuk cek kesehatan sendiri sangat diminati warga, terbukti dari 127 alat cek yang disediakan petugas, habis diserbu warga. Selain itu untuk mengingatkan masyarakat tentang pola hidup sehat dengan membagi-bagikan stiker ajakan ayo sehat.



Senin, 24 September 2012

Bersih Lingkungan di Kelurahan Kreo Selalatan

Minggu 23 September 2012. Saling bahu-membahu mungkin ini lah yang menggambarkan suasana minggu pagi di Kelurahan Kreo Selatan tepatnya di jalan Pemuda Rt. 01 Rw. 08. Gafatar Tangerang Kota kembali mengadakan kegiatan aksi bersih lingkungan. sekitar 50 pengurus hingga anggota dengan mengenakan atribut Gafatar terjun ke lokasi membantu warga membersihkan lingkungan.

Hampir seluruh warga ikut andil dalam kegiatan ini. Terlihat warga dan anggota masyarakat setempat terlihat bahu-membahu membersihkan linggkungannya. Dari ibu-ibu yang kompak menyapu pekarangan-pekarangan dan lapangan yang terlihat kotor, sedangkan yang lainnya dibantu anggota Gafatar membersihkan got dan mengangkat sampah yang menyumbat saluran pembuangan. Selain itu mereka juga melakukan perbaikan terhadap saluran pembuangan  yang telah rusak. Selain itu juga ada yang memotong rumput liar dan menebang pohon yang tumbuh menghalangi jalan warga.


Mengembalikan semangat gotong-royong dan memperkuat kerjasama sesama warga ialah tujuan dari kegiatan ini diselenggarakan ujar ketua panitia bung Apudin. Kegiatan ini mendapat respon baik dari ketua rt setempat yang begitu semangat mengkoordinir dan mengarahkan warganya dalam kegiatan tersebut. beliau juga menyampaikan rasa terimakasihnya terhadap Gafatar yang telah mempelopori kegiatan ini. Beliau juga sangat terharu terhadap rasa kepedulian Gafatar yang telah melakukan cek kesehatan terhadap warganya.



Tidak hanya aksi bersih lingkungan saja tetapi juga didukung dengan aksi cek kesehatan gratis untuk warga. dari timbang badan, pemeriksaan tensi darah dan pengecekan kadar gula dan asam urat. Untuk cek kesehatan sendiri, sangat diminati warga terbukti dengan 50 warga menjadi target dari panitia  ternyata melebihi pencapaian yakni hingga lebih dari 120 warga. Harapan masyarakat setempat agar kegiatan cek kesehatan dapat dilakukan lagi di lingkungannya. Warga juga menyatakan dukungannya terhadap organisasi yang telah peduli terhadap masyarakat ini, terlihat dengan mereka mengisi form dukungan. Setidaknya terdapat 128 warga yang bersedia mengisi form dukungan terhadap kegiatan tersebut.




Pada kesempatan tersebut juga dihadiri lurah setempat yakni bapak Idham Susanto, yang juga ikut memantau warganya melakukan kegiatan bersih lingkungan. Menurutnya kegiatan yang di motori Gafatar Tangerang Kota ini sangat positif dan semoga dapat menjadi inspirasi bagi warga guna menghidupkan kembali semagat kegotong-royangan.







Selasa, 18 September 2012

Cek Kesehatan Gratis di Perum Permata Tangerang

Minggu, 16 September 2012. Gafatar kembali melakukan serangkaian kegiatan bakti sosialnya. Pada kali ini lokasi yang menjadi sasaran adalah perum permata tangerang. Tidak hanya bersih-bersih lingkungan saja namun gerakan fajar nusantara juga menyediakan cek kesehatan gratis. Dimulai dari cek tensi darah hingga cek kadar gula darah serta asam urat.

Menurut ketua bidang kesehatan DPK Tangerang Kota, bung Mujiono cek kesehatan ini merupakan serangkaian dari kegiatan Gafatar peduli kesehatan yang dilakukan Gafatar tangerang kota. Gafatar peduli kesehatan merupakan program khusus yang diselenggarakan guna membantu masyarakat agar semakin peduli akan pola hidup sehat. Adapun kegiatan ini meliputi cek kesehatan gratis, penyuluhan kesehatan, serta berperan aktif dalam meng-kampanye-kan pola hidup sehat.

Pada kesempatan ini Gafatar Tangerang Kota telah menyiapkan 100 alat cek gula dan asam urat yang diperuntukan bagi warga setempat yang ingin melakukan cek kesehatan. Hadirnya Gafatar di perum permata sangat disambut baik oleh masyarakat. Hal ini terlihat dari antusias masyarakat yang menghadiri stand yang disediakan oleh Gafatar. Bapak Nasikun selaku Ketua Rw. 22. juga menyampaikan rasa terimakasih-nya terhadap Gafatar, kami sangat bersukur dengan adanya kegiatan seperti ini dilingkungan kami.

Kegiatan cek kesehatan ini merupakan yang pertama di perum permata tangerang, namun sebelumnya DPK Tangerang Kota telah melakukan aksi bersih lingkungan dan fogging di lingkungan setempat.








Gafatar Bersih Lingkungan di Perum Permata Tangerang

Minggu, 16 September 2012. Gafatar Tangerang Kota melakukan kegiatan bersih lingkungan dan pemeriksaan kesehatan gratis. Kegiatan ini diselenggarakan di lingkungan Perum Permata Tangerang. Kegiatan yang dimulai pukul 07.00 pagi ini di awali dengan apel bersama  dengan warga untuk koordinasi dan mendengarkan beberapa arahan kordinator lapangan.


Bapak Nasikun selaku Ketua Rw. 22. menyampaikan rasa terimakasih-nya terhadap Gafatar, kami sangat bersukur dengan adanya kegiatan seperti ini dilingkungan kami. Saya secara pribadi sangat mendukung aksi-aksi yang berkenaan dengan sosial kemasyarakatan. Alhamdulillah pada saat kami dapat merasakannya. beliau juga berpesan agar Gafatar dapat menjadi suri tauladan (contoh yang baik) bagi masyarakat. selain itu beliau menyampaikan agar pengurus dan anggota Gafatar tidak melakukan perbuatan-perbuatan yang dapat  mencederai gerakan yang meiliki cita-cita yang luhur tersebut karena beliau sangat termotivasi terhadap visi dan misi dari Gafatar.

Mengakhiri sambutanya bapak ketua Rw. 22 memohon maaf jika dalam penyambutan terhadap Gafatar, mungkin warga kami belum terbiasa dalam menyambut gafatar, dan berharap agar warga lingkungan Rw. 22 dapat belajar banyak dari gafatar.

Ini merupakan kegiatan Gafatar Tangerang Kota yang kali ke dua, setelah sebelumnya kurang lebih beberapa bulan lalu pernah melaksanakan bersih lingkungan dan pengasapan atau fogging. Pada kesempatan ini kegiatan sosial yang dilakukan adalah bersih-bersih lingkungan dan pemeriksaan kesehatan.

Menurut bung Nurochim selaku kertua DPK 05 Gafatar Tangerang Kota, tujuan dari kegiatan ini tidak lain hanya mengingatkan kembali akan nilai-nilai budaya nusantara yakni semangat gotong royong. Perlu diketahui, hari ini Gafatar ingin mewujudkan yang namanya persatuan indonesia. Dengan cara menyatukan berbagai elemen bangsa yang dimulai dari bakti sosial ini yang kelak dapat memupuk rasa kebersamaan dan kerjasama antar masyarakat.

Beliau juga menyayangkan luntur-nya nilai-nilai budaya nusantara, yang pada hari ini terlihat dari banyaknya budaya-budaya asing yang masuk ke bumi nusantara ini. Sehingga kita sebagai penerus bangsa lupa dan terlena oleh serangan dari budaya asing. Dalam sambutannya beliau juga berpesan kepada pengurus dan anggota Gafatar khususnya DPK 05 Tangerang Kota agar dapat mengoptimalkan kegiatan ini dan jangan mencederai apa yang menjadi visi dan misi Gafatar. Karena ini merupakan bentuk pengabdian kita terhadap masyarakat sehingga apa yang dilakukan dapat menjadi contoh yang baik.



Adapun sasaran bersih lingkungan di mulai dari jalan sekitar Rt. 04 dan jalan utama Rw. 22. khusus di jalan perumahan  kegiatan difokuskan melakukan pembabatan rumput liar yang tumbuh di tengah-tengah jalan dan membersihkan sampah yang mengotori area tersebut. Sedangkan di jalan utama, dimulai dengan mengangkat sampah-sampah yang memenuhi selokan, yang berpotensi menghambat saluran pembuangan air ke kali. Hal ini patut menjadi perhatian karena dampak dari tersumbatnya selokan sangat berbahaya. hal tersebut dapat menyebabkan genangan yang berpotensi menjadi tempat tumbuhnya jentik-jenitk nyamuk.

Rabu, 12 September 2012

Cek Kesehatan Gratis di Alun-alun Ahmad Yani


Minggu, 9 September 2012 ada pemandangan baru di Alun-alun Ahmad Yani kota Tangerang. Sekelompok orang menggunakan attribut serba orange tampak sibuk mempersiapkan sesuatu.
Gerakan Fajar Nusantara dalam hal ini Dewan Pimpinan Kota (DPK 05) Tangerang Kota mengadakan acara senam bersama dan cek kesahatan gratis di sana.

Adanya kegiatan tersebut semakin menambah orennya pagi hari di alun-alun kota Tangerang. Kegiatan yang dipelopori oleh pemuda-pemuda Gafatar ini, dimulai dengan senam bersama yang dilanjutkan dengan cek kesehatan gratis. Adapun cek kesehatan yang disediakan meliputi timbang berat badan, pemeriksaan tensi darah dan pengecekan kadar gula darah.

Adapun maksud dari kegiatan cek kesehatan ini ialah untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam hal kesehatan yang pada sekarang ini mulai luntur bahkan sudah tidak peduli dengan kesehatan. Kita melihat kecenderungan masyarakat yang sudah tidak mengenal lagi pola hidup sehat. Sehingga dalam  hal ini kita tergerak untuk memberikan contoh dalam arti lain kita ingin meng-inspirasi masyarakat agar lebih peduli dengan kesehatan  ujar ketua DPK 05 Tangerang Kota Gafatar bung Nurochim. .

Dalam kesempatan ini beliau juga menyampaikan bahwa Gerakan Fajar Nusantara merupakan ormas yang bergerak dibidang sosial dan budaya dengan dilandasi nilai-nilai moral spiritual. Hal ini diwujudkan dengan diadakannya cek kesehatan gratis yang merupakan salah satu bentuk kegiatan sosial yang biasa dilakukan oleh Gafatar.

Kegiatan ini bukan hanya mengarah kepada cek kesehatan saja. Pada kesempatan ini Gafatar juga menyoroti tentang kepedulian masyarakat terhadap lingkungan. Hal ini ditandai dengan memberi kenang-kenangan stiker ayo sehat, pencegahan demam berdarah dan ajakan untuk melakukan pola hidup sehat. Diharapkan stiker ini dapat menjadi sarana mengingatkan masyarakat agar tercipta kesadaran akan pola hidup sehat. 

Sementara itu respon dari masyarakat mengenai kegiatan ini sangat bagus, dikarenakan kegiatan ini bermanfaat sekali bagi masyarakat. Hal ini terlihat dari antusiasme masyarakat yang rela antri menunggu giliran diperiksa oteh tim kesehatan dari Gafatar. Masyarakat sangat berterima kasih dengan adanya cek kesehataan gratis dari Gafatar. Karena kegiatan ini memberi kesempatan kepada masyarakat yang tidak sempat melakukan cek kesehatan di puskesmas atau rumah sakit. Dikarenakan biaya yang diperlukan utuk melakukan cek kesehatan masih sangat mahal. Harapan masyarakat agar kegiatan seperti ini dapat diadakan secara berkesimambungan.

Menanggapi respon dari masyarakat yang sangat antusias, bung Wiwin Hamdani selaku wakil ketua DPK 05 Tangerang Kota memberikan pernyataan bahwa kita akan kontinyu mengadakan kegiatan cek kesehatan sebulan sekali di alun-alun Ahmad Yani. Tidak hanya di sini saja kami juga mengadakan ditempat tempat-tempat lain khususnya di wilayah Tangerang kota.

Ketika disinggung mengenai isu-isu 2014 dengan tegas bapak berdarah betawi ini menjawab, Kami tidak akan ikut bagian pada 2014. Kami murni ingin mengabdikan diri kepada bangsa ini dan kami tidak akan pernah ikut andil dalam pemilihan di 2014. Dan kami selaku kader Gafatar, siap mendukung program pemerintah khususnya yang bersentuhan dengan masyarakat langsung.

Sebagai bonus berikut foto-foto kegiatan cek kesehatan yang telah dilakukan.



   Sebelum kegiatan persiapan dulu, susun meja dan pasang banner





Kegiatan diawali dengan senam bersama masyarat.











Antusiasme masyarakat terlihat ketika cek kesehatan dimulai.

Senin, 03 September 2012

Bakti Sosial di Perum Persada Raya


Minggu 24 juni 2012, warga RW 07 perum total persadaraya kelurahan Gembor bekerja sama dengan ormas Gafatar (Gerakan Fajar Nusantara) melakukan kegiatan bersih lingkungan dan fogging. kegiatan ini merupakan wujud nyata dari rasa kepedulian Gafatar terhadap kebersihan dan kesehatan lingkungan. Bakti sosial ini terlaksana berkat kerjasama antara ketua RW 07 serta pengurus DPK Tangerang Kota Gafatar.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh anggota gafatar tangerang kota dan warga RW 07 Perum Persadaraya. Kegiatan aksi sosial bersih-bersih lingkungan dan fogging ini dimulai pukul. 8.00 wib s/d pukul 11.00 wib. yang diawali dengan apel ditaman depan sdn total untuk mendengarkan beberapa arahan dari ketua panitia serta melakukan pengecekan kesiapan dan pembagian wilayah yang akan menjadi sasaran.

Dalam sambutannya bung Nurochim selaku ketua DPK Gafatar Tangerang Kota, Gafatar hadir ditengah-tengah masyarakat untuk memberikan darma baktinya kepada masyarakat luas sebagai pengamalan dani nilai-nilai luhur budaya nusantara yakni semangat Gotong-royong.

Hal ini disambut baik oleh ketua RW 07 H. M. Daiya, beliau menyampaikan rasa bangganya terhadap pemuda-pemuda Gafatar yang memiliki rasa kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat khususnya di perum persadaraya. Selain itu, beliau juga menyayangkan hilangnya rasa kepedulian dan semangat gotong-royang pada masyarakat dewasa ini, yang dulu secara turun temurun diajarkan oleh para pendahulu bangsa. Harapannya kedepan kegiatan semacam ini dapat berlangsung secara kontinue dan berkesinambungan. Kegiatan bakti sosial ini rencananya akan rutin dilaksanakan setiap 2 bula sekali.

Kegiatan dimulai dengan membentuk 2 (dua) tim yaitu : tim Fogging dan Tim bersih-bersih lingkungan. Selain itu juga ada penyuluhan dari gafatar tentang bagaimana cara memberantas sarang nyamuk dengan melakukan langkah 3M sebelum dilakukan langkah pengasapan (fogging), sasaran pembersihan kali ini difokuskan pada jalan utama komplek perumahan tersebut meliputi selokan-selokan yang tersumbat serta lapangan yang banyak ditumbuhi oleh rumput liar dan ilalang, untuk fogging sendiri tercatat ada sebanyak 300KK yang mendapat pengasapan.

Untuk lebih jelasnya berikut foto-foto yang dapat diambil.
 seperti biasa sebelum memulai kegiatan kita apel untuk mendengarkan arahan serta instruksi.
 semangat mencabut rumput di pinggir-pinggir selokan
 pengasapan dilakukan pada selokan dan rumah warga

 sampah yang telah lama mengendap di selokan pun tak luput diangkat agar aliran airnya lancar...
 rumput liar yang tumbuh di sekitar lapangan juga menjadi target pembabatan.











akhirnya kegiatan ditutup denga mangucapkan kalimat pujian:

Segala Puji Bagi Tuhan Yang Maha Esa...